Rambut Rusak

Kesehatan

Shampo dapat menjaga rambut tetap sehat. Di sisi lain itu juga dapat merusak rambut Anda, misalnya ketika memilih shampo yang salah. Jadi, jika Anda menggunakan sampo yang sama secara terus-menerus untuk waktu yang lama, bisakah itu merusak rambut Anda?
Gunakan sampo yang sama dan terus lakukan kerusakan rambut?

Anda mungkin telah mendengar perubahan sampo terlalu cepat, Anda dapat merusak rambut Anda. Ya, ini benar, salah satu masalahnya adalah dermatitis kulit kepala.

Zat kimia yang terkandung dalam sampo, seperti parfum, pewarna dan zat lain, dapat mengiritasi kulit. Ini menyebabkan gatal, kemerahan dan mengupas kulit.

Melihat kemungkinan masalah kulit kepala akibat keramas yang sering terjadi akhirnya membuat Anda benar pada sampo. Namun, ada juga yang menyebutkan, tidak pernah mengganti shampo dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan rambut. Itu benar?

Bahkan, menggunakan shampo yang sama terus-menerus tidak merusak rambut Anda. Namun, perlahan-lahan bahan aktif yang ada dalam sampo tidak lagi efektif dalam mengatasi masalah rambut.

Rambut Rusak

Misalnya, gunakan sampo karena ketombe. Selama bulan pertama penggunaan dan sebagainya, rasakan manfaat sampo. Namun, perlahan, rambut Anda menjadi ketombe lagi.

Masalah rambut yang muncul kembali membuat Anda berpikir bahwa rambut Anda rusak oleh sampo itu sendiri. Tapi tidak

Masalah rambut yang berulang, atau bahkan lebih buruk, terjadi karena shampo tidak lagi efektif melindungi dan merawat rambut.
Mengapa shampo begitu tidak efektif?

Mengatasi sakit mata mendapat sampo

Tidak mengubah merek shampo untuk waktu yang lama tidak menyebabkan kerusakan rambut. Hanya, maka shampo tidak efektif dalam pengobatan keluhan. Apa sebabnya?

Ada mitos yang beredar bahwa tubuh menjadi kebal atau kebal terhadap bahan kimia dalam shampo. Hal yang sama berlaku ketika mengambil antibiotik. Namun, pendapat ini kemudian ditolak dan perlu diklarifikasi.

“Kulit tidak menciptakan kekebalan terhadap produk perawatan kulit dari waktu ke waktu,” kata Suneel Chilukuri, MD, pendiri Refresh Dermatology di Houston, seperti dikutip oleh Black Doctor.

Menggunakan sampo yang sama secara terus menerus untuk waktu yang lama tidak merusak rambut Anda. Para ahli percaya bahwa sampo yang sama yang telah lama digunakan tidak lagi efektif karena faktor-faktor dalam tubuh dan lingkungan. Kulit dan rambut akan beradaptasi untuk setiap perubahan yang terjadi, termasuk:

Penuaan
Perubahan musiman
Hormon tubuh naik turun
Pola makanan yang kurang bergizi untuk kulit dan rambut
Alergi dan beberapa masalah kesehatan
Aktivitas dan lingkungan rambut, misalnya, terus terpapar sinar matahari atau beralih mengenakan jilbab

Agar rambut tidak rusak, terus pakai sampo yang sama atau ganti saja?

Putuskan untuk mengganti atau konsisten dalam sampo yang sama, tergantung kondisi rambut Anda, rusak atau tidak.

Jika pilihan shampo benar dan efektif dalam menjaga kesehatan rambut, tidak perlu mengganti shampo.

Sementara itu, jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan pada masalah rambut, akan lebih baik untuk mengganti sampo Anda segera.

Jika kerusakan rambut seperti rambut kering, berubah warna dan rontok tidak membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Kondisi ini dapat menjadi tanda masalah medis, seperti kekurangan vitamin atau mineral tertentu.

Baca Juga :