Pengertian-Pasar-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Bisnis, Pelajaran

Beberapa ekonom telah menjelaskan definisi pasar. Berikut ini adalah penjelasan untuk konsep pasar menurut para ahli berpendidikan.com

William J. Stanton
Menurut William J. Stanton, konsep pasar adalah sekelompok orang yang mencari kepuasan menggunakan uang untuk berbelanja dan rela mengeluarkan uang.

Kotler dan Armstrong
Menurut Kotler dan Armstrong, konsep pasar terdiri dari sejumlah pembeli aktual dan potensial dari suatu produk atau layanan. Ukuran pasar tergantung pada jumlah orang yang memiliki kebutuhan dan siap untuk melakukan transaksi.

Banyak pakar pemasaran percaya bahwa pembeli dan penjual adalah pasar di mana pembeli menerima produk / layanan yang diinginkan setelah menerima pembayaran. Penjual mengirimkan produk / layanan yang telah dibayar oleh pembeli.

Simamora
Menurut Simamora, pengertian pasar adalah sekelompok orang yang memiliki kebutuhan dan keinginan suatu produk, kemampuan dan kemauan untuk membeli produk dan kesempatan untuk memutuskan pembelian suatu produk.

Handri Ma’aruf
Menurut Handri Ma’aruf, definisi pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli di mana penawaran dan permintaan berinteraksi antara penjual dan pembeli sampai terjadi proses penjualan dan pembelian.

Atep Adya Barata
Menurut Atep Adya Barata, konsep pasar adalah tempat di mana penjual dan pembeli potensial berinteraksi secara langsung dan tidak langsung untuk bertukar barang dan jasa.

Dr. Winardi SE
Menurut dr. Winardi SE, atau pasar, adalah tempat di mana idealnya harga pada saat tertentu sama untuk semua penjual dan pembeli.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut KBBI, konsep pasar adalah sekelompok orang yang melakukan transaksi pembelian dan penjualan. Pasar adalah tempat untuk kegiatan perdagangan yang diselenggarakan oleh suatu organisasi atau asosiasi untuk mencari amal.

Dari penjelasan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa pasar adalah tempat pertemuan bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan.

Pengertian-Pasar-Menurut-Para-Ahli
Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Ketahui karakteristik pasar

Dari penjelasan definisi pasar kita dapat menentukan karakteristik pasar, yaitu:

  1. Ada barang atau jasa yang dipertukarkan
  2. Transaksi pembelian dan penjualan berlangsung
  3. Ada proses permintaan dan negosiasi
  4. Interaksi antara pembeli dan penjual
  5. Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antara penjual dan pembeli

Klasifikasi pasar umum

  1. Pasar tradisional
  2. Pasar tradisional melalui liputanaceh.com
  3. Secara umum, pasar dapat dibagi menjadi dua jenis, pasar tradisional dan pasar modern. Pasar tradisional telah diserang oleh pasar modern, tetapi beberapa orang lebih suka berbelanja di pasar tradisional.

Penjelasan berikut:

Pasar tradisional

Memahami pasar tradisional adalah titik pertemuan bagi penjual dan pembeli, dan proses pembelian dan penjualan berlangsung selama proses negosiasi. Bangunan pasar tradisional ini berbentuk kios, kios atau gerai ritel.

Barang yang dijual di pasar tradisional adalah barang sehari-hari. Jenis pasar ini mudah ditemukan di berbagai daerah, mis Di pasar Klewer di Solo, di pasar Minggu di Jakarta dan di pasar Beringharjo di Yogyakarta.

Pasar modern

Pasar modern adalah tempat di mana penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi. Di pasar modern, bagaimanapun, tidak ada proses negosiasi, karena produk yang dijual sudah memiliki harga yang tepat.

Bentuk pasar modern ini ditemukan di gedung tempat layanan disediakan secara mandiri atau swalayan dan juga dapat dikelola oleh seorang wiraniaga. Barang yang dijual di pasar tradisional umumnya adalah produk sehari-hari dan barang tahan lama lainnya.

Contoh pasar modern; Pasar mini, supermarket dan sebagainya.

Baca Juga :