Minum Soda Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran?

Kesehatan

Ada mitos bahwa minum soda dan makan nanas selama kehamilan bisa membuat wanita keguguran. Diyakini bahwa mitos ini membuat banyak wanita hamil menghindari mengkonsumsi keduanya. Bahkan, ada orang yang sengaja ingin menggugurkan rahim dengan mengonsumsi keduanya. Jadi apa kebenaran di sisi medis?

Bolehkah minum soda dan makan nanas saat hamil?

Faktanya, nanas dan soda aman dikonsumsi selama kehamilan. Namun, yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah bagiannya. Selama tidak berlebihan, nanas dan soda masih bisa dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping, baik untuk ibu maupun janin. Masalah baru akan muncul jika ibu mengkonsumsinya dalam porsi terlalu besar.

Nanas mengandung senyawa yang disebut bromelain. Bromelain adalah enzim yang bekerja dengan memecah protein dalam tubuh. Karena janin yang baru dikembangkan mengandung sel protein sederhana, diyakini bahwa kandungan bromelain dalam nanas menyebabkan perdarahan dan keguguran.

Dugaan ini tidak sepenuhnya salah. Karena itu tidak disarankan mengonsumsi tablet bromelain selama kehamilan karena dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan.

Namun, harus ditekankan bahwa satu atau dua porsi nanas dalam seminggu tidak akan mempengaruhi kehamilan. Kecuali Anda mengonsumsi 7 hingga 10 nanas segar secara bersamaan.

Sama halnya dengan soda, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa soda dapat menyebabkan aborsi spontan. Namun, ini tidak berarti Anda bebas mengonsumsi soda sesuka hati selama kehamilan. Soda mengandung pemanis buatan seperti aspartame yang dapat berdampak negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, soda juga mengandung berbagai zat yang dapat berdampak negatif pada janin seperti kafein, asam karbonat dan zat tambahan lainnya.

Menurt dr. David Elmer, dokter kandungan di Nantucket Cottage Hospital di Massachusetts, AS, aspartame dapat menyebabkan cacat lahir. Namun, ini hanya terjadi jika Anda mengonsumsi terlalu banyak. Karena itu, Elmer menyatakan bahwa Anda masih bisa minum soda dari waktu ke waktu karena tidak akan berdampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

Dengan cara ini, dapat disimpulkan bahwa minum soda dan makan nanas selama kehamilan bersama tidak menyebabkan keguguran. Apalagi jika Anda mengkonsumsinya sesekali dan dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Panduan aman minum soda dan makan nanas saat hamil

Nanas mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan vitamin B6. Semua zat ini diperlukan bagi tubuh untuk mendukung kesehatan ibu dan janin. Karena itu, jangan takut mengonsumsi nanas selama hamil, asalkan tidak berlebihan.

Untuk menghindari efek yang mungkin terjadi, pada trimester pertama perlu untuk membatasi jumlah nanas yang dikonsumsi. Meskipun tidak berbahaya, lebih baik mencegahnya dengan tidak menggunakannya sama sekali pada kuartal pertama ini.

Juga, pada kuartal kedua Anda dapat mulai mengonsumsi 50 hingga 100 gram dalam 2-3 kali seminggu. Meskipun pada kuartal ketiga Anda bisa makan 250 gram nanas sekaligus, tetapi Anda tidak boleh berlebihan. Batasi porsi karena ini dapat memicu kontraksi uterus.

Untuk soda, Anda tidak boleh minum lebih dari satu kaleng sehari. American College of Obstetricians dan Gynecologists menyarankan wanita hamil untuk tidak minum kafein lebih dari 200 mg sehari. Semakin sedikit jumlah kafein yang dikonsumsi akan lebih baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Baca Juga :