Budidaya-Bunga-Matahari

Budidaya Bunga Matahari

Bisnis, Pelajaran

Bunga matahari diklasifikasikan sebagai tanaman semusim yang menghasilkan bunga besar berwarna kuning umumnya. Bunga matahari tidak hanya tumbuh cepat dan mudah. Keunikan tanaman ini adalah mahkota bunga, yang mengikuti pergerakan matahari dari timur ke barat. Proses ini disebut heliotropisme. Ada lebih dari 60 jenis bunga matahari di dunia dengan warna berbeda dan penampilan menarik.

Indonesia sebagai negara tropis memiliki kelebihan dalam pertumbuhan bunga matahari. Perhatikan bahwa Indonesia biasanya mengimpor 15.000 hingga 20.000 ton biji bungabunga.co.id matahari untuk industri Kwaci. Selain biji, minyaknya juga memiliki nilai jual tinggi. Karena permintaan pasar yang besar, perusahaan bunga matahari ini sangat menjanjikan.

Budidaya-Bunga-Matahari
Budidaya Bunga Matahari

Teknik budidaya bunga matahari

Menanam bunga matahari di taman atau kebun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Untuk menanamnya dengan mudah, cukup ikuti langkah-langkah ini:

pembibitan

Siapkan tanah yang ditabur dalam bentuk tanah dan pupuk kandang dalam perbandingan 2: 1 dan campur secara merata. Tanah penaburan ditempatkan di nampan bibit / polybag / plastik bekas. Masukkan bibit bunga matahari ke dalam mantel dan taruh di tempat teduh.

Biji bunga matahari dengan berbagai varietas. Anda dapat dengan mudah mendapatkan biji bunga matahari di toko pertanian.

Proses menabur biji bunga matahari dari biji.
Setelah disemai, siram dan simpan hingga 5 minggu. Benih biasanya mulai tumbuh dalam 7 hari setelah disemai.

Pengelolaan lahan

Bersihkan bumi dari sisa tanaman dan sampah. Longgarkan tanah dengan cangkul sedalam 30 cm. Itu membuat tempat tidur dengan panjang 10-15 m, lebar 100-110 cm, tinggi 30-40 cm dan jarak antara tempat tidur 50 cm. Berikan pupuk, pupuk dan kapur dasar.

Pasokan pupuk

Pupuk kandang memberikan hingga 0,5-1 kg / tanaman. Gunakan pupuk siap pakai. Aduk sampai tercampur rata dengan tanah. Program hingga 2 minggu.

Pasokan pupuk dasar

Jika tanahnya asam, berikan dolomit hingga 1,5 ton / ha. Berikan pupuk dasar anorganik, yaitu pupuk campuran NPK 15:15:15, dengan dosis 700 kg / ha. Ini juga bisa berupa campuran urea hingga 500 kg / ha, KCL 400 kg / ha, dan SP 36. Distribusikan pada bedengan dan aduk merata.

Instalasi mulsa

Untuk penanaman skala besar, gunakan mulsa plastik perak-hitam (MPHP). Bagian perak dinaikkan. Agar mulsa tidak mudah lepas, letakkan klem bambu di tepi mulsa setiap 50 cm. Anda juga bisa mulsa, jika Anda tidak ingin menggunakannya, tanam langsung di lubang penabur produk.

Pekebun dalam pot

Jika Anda ingin menanamnya dalam vas, gunakan vas berukuran 30x30m cm. Mencampur tanah dan pupuk kandang dengan dosis 1: 2 sebagai tanah yang disemai juga dapat menggunakan media penyemaian yang siap pakai.

tanaman

Proses penaburan terjadi dengan memindahkan biji bunga matahari dengan hati-hati ke dalam pot akhir atau tanah. Bibit yang ditanam di baki atau di polybag sebelumnya disiram agar tidak pecah saat dipindahkan untuk transplantasi. Buat lubang tanam di tempat tidur dengan kedalaman 5 cm dengan bor. Biarkan biji bunga matahari ditanam dalam posisi vertikal agar biji tidak menyentuh permukaan mulsa. Tambahkan furadan secukupnya dan tambahkan larutan AB-Mix hingga 250 ml / tanaman sebagai larutan awal.

Pemeliharaan

Biji bunga matahari yang mati dan tidak lagi tumbuh harus dihilangkan bersama tanah dan disulam / diganti dengan biji baru. Lakukan jika tanaman sudah berumur 14 hari setelah disemai. Bersihkan gulma secara teratur dan sirami setiap hari atau ketika tanaman tampak kering.

Perawatan pasca pembuahan

Agar tanaman mencapai potensi penuhnya, Anda harus menyuburkan leaching dengan menambahkan 25-30 gram pupuk NPK per tanaman. Nachverüngung berlangsung pada usia 1-2 bulan.

Pengendalian hama dan pengendalian penyakit

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman bunga matahari dilakukan secara manual. Beberapa parasit yang biasanya menyerang bunga matahari adalah cacing hijau, ulat daun dan ulat ngengat. Jenis penyakit yang biasanya mempengaruhi tanaman ini adalah layu, tembakau, botrytis, tau dan alternaria. Jika serangan telah melampaui ambang batas, disarankan untuk menggunakan insektisida dan fungisida.

Waktu berbunga

Tanaman surya yang ditanam dan dibudidayakan dengan baik menghasilkan bunga yang mekar dengan indah.
Usia pertama bunga matahari akan menghasilkan bunga sekitar 45-60 hari setelah tanam dan 90-105 hari setelah tanam.

Baca Juga :